5 Game Seru Untuk Dimainkan Bersama Balita

Si kecil antara usia satu dan tiga tahun selalu menyerap hal-hal baru. Mode utama mereka untuk belajar, yaitu Waktu bermain. Mereka mulai dengan main didampingi oleh orang tua dan kemudian berkembang menjadi hal-hal yang lebih interaktif, di mana mereka terlibat dan menyerap informasi dari teman bermain mereka.

Permainan yang tepat dapat meningkatkan keterampilan kognitif, fisik, dan emosional anak, jadi mulailah anak kamu dengan mengajaknya bermain beberapa permainan di bawah ini!

1. Simon Says

Pertama yang akan kami rekomendasikan adalah Simon Says. Sebuah permainan yang dapat kamu mainkan satu lawan satu atau dengan sekelompok anak-anak. Simon Says adalah permainan klasik yang mengajarkan anak-anak cara mengikuti instruksi.

Aturannya mudah: kamu adalah Simon dan apa yang kamu katakan akan terjadi. Ucapkan “Simon bilang sentuh jari kakimu!” dan anakmu harus mengikutinya. Itu kuncinya mereka mendengarkan kata-kata “Kata Simon” jika kamu memanggil perintah seperti “Lompat!” tanpa kata pengantar dengan Simon mengatakan, pemain bisa tersingkir.

Pastikan untuk memberikan beberapa perintah lucu juga, seperti lakukan tarian konyol, goyangkan telinga kamu, lompat seperti katak! Permainan ini sangat bagus untuk mengajari balita nama-nama bagian tubuh mereka.

2. Panas dan dingin

Lihat mainan favoritnya? Sembunyikan dan minta dia mencari barang favoritnya itu. Jika dia terlalu jauh maka ucapkan dingin, dan saat dia mendekat, ucapkan hangat, lebih hangat, panas! Jika dia frustrasi, kamu bisa memegang tangannya sambil melihat sekeliling.

Game ini akan mengasah keterampilan emosional anak dan dia akan belajar kesabaran, ketekunan, dan gagasan bahwa hanya karena kamu tidak dapat melihat sesuatu, bukan berarti itu tidak ada.

3. Satu untukmu, satu untukku

Ini merupakan permainan yang sempurna untuk balita yang lebih muda, game ini mengajarkan berbagi. Letakkan setumpuk benda seperti krayon atau kancing dan minta dia untuk membagikannya di antara kamu sambil mengatakan “Satu untukmu, satu untukku.” Pastikan kamu masing-masing memiliki wadah untuk menampung koleksi kamu yang terus bertambah.

4. Hokey-Pokey

Klasik lainnya, yang ini sangat menyenangkan untuk dimainkan dan membantu anak kamu mengikuti instruksi dan mempelajari nama-nama bagian tubuhnya. Lagu “Hokey-Pokey” adalah lagu yang sederhana dengan lirik instruksional. Bermain itu mudah (Kamu hanya melakukan seperti yang dikatakan lagu) dan tidak ada yang kalah!

5. Parasut

Permainan parasut sering dimainkan di tempat penitipan anak atau prasekolah, permainan ini paling baik dimainkan dengan lebih dari dua orang. Sebarkan selembar besar kain dan minta semua orang memegang ujungnya dengan erat di kedua tangan. Bekerja bersama, kamu dapat perlahan-lahan menaikkannya ke atas dan berkata “Naik, naik, naik!” lalu turunkan dengan mengatakan “Turun, turun, turun!” Saat kamu memanggil “Di bawah, di bawah, di bawah!” semua orang bisa melepaskan lembaran itu dan bergegas ke bawah. Atau, kamu bisa masuk ke bawah sprei sambil tetap memegang sudutnya. Permainan ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka sambil mengajari mereka untuk menunggu dan mendengarkan.

Itu saja permainan yang mungkin kamu mainkan dengan balita